Senin, 30 Desember 2013

Contoh Kasus Konflik Organisasi

CONTOH KASUS 'KONFLIK DALAM ORGANISASI'


KPK : Dalam Kasus Hambalang Ada Perbedaan Pendapat Antara Pemimpin

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zulkarnain mengakui jika dalam mengusut kasus Hambalang, terjadi perbedaan pendapat di antara pimpinan. Namun, dia menegaskan perbedaan itu tidak sampai menimbulkan perpecahan.
“Dinamika pemikiran itu kan jelas ada. Kami ambil positif dan dinamisnya. Kalau memang orang berbeda cara pandang, tapi itu bukan perbedaan,” kata Zulkarnain, Minggu (20/1/2013).
Menurut Zulkarnaen, penyidik mencium telah terjadi tindak korupsi secara bersama-sama dalam proyek Hambalang. Disinggung apakah penyidik sudah mengantongi dua alat bukti yang cukup dalam pengembangan kasus proyek senilai Rp 2,5 triliun itu, Zul begitu dapat disapa enggan membeberkannya.
“Jangan tanya gitu. Kita ikuti taat kepada proses (hukum),” imbuhnya.(beritakaget.com)
Dikutip dari beritakaget.com, diatas adalah salah satu contoh  konflik dalam organisasi, konfliknya yaitu para pemimpin dalam KPK meiliki perbedaan pendapat terhadap kasus hambalang. Menurut saya, memang benar apa yang dikatakan Bapak Zulkarnain bahwa pemikiran setiap orang itu berbeda, dari cara pencarian bukti, penyusutan masalah, sampai kepada penyelesain masalah tersebut.
Tetapi namanya organisasi, kita memiliki kepala tertinggi di dalam organisasi tersebut, untuk sebutan dalam KPK yaitu ketua KPK, nah inilah yang menjadi penentu apakah pendapat/perbedaan pendapat dengan dirinya bisa diterima. Yah memang nantinya, kita tidak mengetahui apa penyebab dari kepala tertinggi ini mengambil keputusan tersebut, apa menurut hukum yang berlaku, atau kebijakan yang dia buat sendiri, atau kemungkinan lain dia diberi "sogokan" dari para tersangka tersebut. Memang wajar sih kita memiliki pendapat berbeda dengan orang lain karena, karena ya,,,, itu tadi, kepala manusia itu "isinya berbeda", dalam artian setiap orang itu memiliki pemikiran yang berbeda-beda.
dari kutipan beberapa kata yang ada diatas, kita dapat mengambil kesimpilan bahwa masalahnya hanyalah perbedaan pendapat dalam organisasi tersebut. Untuk cara penyelesaiannya, dari blog sebelum ini yang saya tulis, yaitu KONFLIK ORGANISASI, disitu jelas untuk penyelesaiannya, untuk penyelesaian oleh pemimpin, dikategorikan menjadi dua dimensi yaitu kerjasama/tidak kerjasama dan tegas/tidak tegas. nah dari kedua dimensi tersebut kita memiliki 5 macam pendekatan penyelesaian konflik yaitu: menghindar, mengakomodasi, kompetisi, kompromi/negosiasi, memecahkan masalah/kolaborasi. Dari dimensi dan  pendekatan diatas,  menurut saya yang harusnya digunakan adalah dimensi pertama bagian kerjasama dan pendekatannya bisa kita gunakan negosiasi atau kolaborasi, karena inilah jalan yang benar untuk menyelesaikan maslah ini agar semuanya tuntas dengan senang hati dan tidak ada keraguan diantara mereka.
Nahh itulah salah satu contoh dari konflik organisasi, dan cara penyelesaiannya. Semoga bermanfaat. 

1 komentar: